Sabtu, 01 Juni 2013

Cara dan Langkah-langkah Membuat Rencana Anggaran Biaya Bangun Rumah (RAB)

Ketika seseorang berniat akan membangun atau melakukan renovasi rumah, maka yang pertama kali terlintas dalam pemikirannya adalah jumlah biaya yang diperlukan. Tanpa mengetahui jumlah biaya yang diperlukan maka akan kesulitan, baik dalam penyediaan biaya.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum Anda membuat  Anggaran Biaya Membangun (RAB) rumah, adalah sebagai berikut :

  1. Membuat konsep gambar rumah mulai dari gambar denah berikut gambar-gambar teknis lainnya. Gambar-gambar tersebut bisa dibuat sendiri atau meminta bantuan orang lain.
  2. Menentukan bahan-bahan material yang akan digunakan, seperti bahan lantai, bahan plapond, bahan rangka atap, bahan tutup atap, dan sebagainya.
  3. Menghitung luas dan volume satuan pekerjaan, seperti pekerjaan galian pondasi (m3), pasangan pondasi batu kali (m3), pasangan beton sloof (m3), beton kolom (m3), ring balok beron (m3), lantai keramik (m2), plapond (m2), rangka atap (m2), tutup atap (m2) dll.
Setelah mengetahui luas dan volume pekerjaan, selanjutnya menghitung harga satuan setiap pekerjaan. Untuk menghitung harga satuan setiap pekerjaan memerlukan Analisa Harga Satuan (AHS-SNI) yang diterbitkan oleh instansi terkait (Dinas PU) Pemda Kab/Kodya setempat. Dalam AHS-SNI terdapat uraian cara menghitung setiap pekerjaan dan terdapat harga satuan bahan dan upah untuk tahun tertentu.

Sayangnya, untuk menggunakan AHS-SNI tidak semua orang dapat melakukannya. Hanya Orang-orang ang memiliki keahlian sesuai bidangnya yang dapat mengguakannya. Tapi, jangan khawatir, bagi Anda yang awam bidang bangunan/sipil pasi dapat mengerjakan pembuatan RAB Rumah dengan menggunakan alat bantu aplikasi sederhana yaitu Software Rab Rumah yang sengaja saya buat untuk Anda yang awam bidang bangunan/sipil. Dengan Software Rab, Anda tidak perlu belajar menggunakan AHS-SNI, Anda tidak perlu lagi memikirkan AHS-SNI, sebab semuanya sudah instan.. software sendiri yang akan memproses harga satuan menggunakan AHS-SNI.

Tetapi untuk menggunakan Software RAB, tetap Anda harus dapat melalui tahapan langkah-langkah 1 sd. 3 di atas, dan dapat menggunakan program excel. Untuk mendapatkan Software Rab, silahkan kunjungi website : www.softwarerab.com, di sana Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap mulai manfaat, kegunaan, serta harga Software Rab. Sumber: http://desain-rumah-sederhana.blogspot.com/

0 komentar :

Posting Komentar